Training of Trainer (ToT) Instruktur Pelatihan PEKERTI dan AA

Minggu, 17 Juli 2022 23:23 WIB   Lembaga Inovasi Pembelajaran

 

Dalam rangka meningkatkan keterampilan dan pengetahuan atau penyegaran pemateri Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) dan Applied Approach (AA), Lembaga Inovasi Pembelajaran (LIP) Universitas Muhammadiyah Malang bekerja sama dengan Universitas Negeri Malang menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer (ToT) Internal Pemateri Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) dan Applied Approach (AA) Universitas Muhammadiyah Malang". Kegiatan ToT tersebut bertempat di Ruang One Day Service (ODS) Universitas Muhammadiyah Malang selama 3 hari mulai tanggal 11-13 Juli 2022 yang diikuti oleh 20 Instruktur PEKERTI dan AA. ToT tersebut menghadirkan empat narasumber yaitu Ibu Prof. Dr. Lia Yuliati, M.Pd., Ibu Dr. Titik Harsiati, M.Pd., Bapak Dr. Munzil, M.Si., dan Dr. Syamsul Hadi, M.Pd. 
Pelaksanaan ToT tersebut secara resmi dibuka oleh Bapak Warek I yakni, Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Pre Test yang dipimpin langsung oleh perwakilan dari LP3 UM yaitu Ibu Prof. Dr. Lia Yuliati, M.Pd. Setelah kegiatan tersebut dilanjutkan penyampaian materi I oleh Narasumber I adalah Ibu Prof. Dr. Lia Yuliati, M.Pd yang memaparkan materi terkait "Pengelolaan dan Kurikulum Pelatihan PEKERTI dan AA". Dilanjutkan dengan Narasumber ke II yaitu Ibu Dr. Titik Harsiati, M.Pd yang mana beliau memaparkan materi tentang “Manajemen Kelas dalam Pembelajaran dan Pelatihan". Narasumber III di sore hari adalah Bapak Dr. Syamsul Hadi, M.Pd. yang mana beliau memaparkan materi tentang “Paradigma Pembelajaran di Perguruan Tinggi”. 
Di hari kedua kegiatan ToT dilanjutkan pemaparan materi tentang “Paradigma Pembelajaran di Perguruan Tinggi” oleh Bapak Dr. Syamsul Hadi, M.Pd. dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang “Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi” oleh Ibu Prof. Dr. Lia Yuliati, M.Pd. di siang harinya dilanjutkan oleh Ibu Dr. Titik Harsiati, M.Pd yang mana beliau memaparkan materi tentang “Prinsip Evaluasi dan Penilaian dalam pembelajaran".
Di hari terakhir kegiatan ToT dimulai dengan menyampaian materi tentang “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran” oleh narasumber IV yaitu Bapak Dr. Munzil, M.Si. di siang hari kegiatan ini dilanjutkan dengan micro training dimana seluruh peserta diberi kesempatan untuk tampil atau presentasi tentang materi PEKERTI dan AA. Di sore hari ini dilanjutkan dengan kegiatan Post-Test yang dipimpin langsung oleh Ibu Prof. Dr. Lia Yuliati, M.Pd. dan kegiatan ToT ini ditutup langsung oleh Wakil Rektor I yaitu Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si. 
 

Shared: